cara buat buku


  TUGAS PRAKTEK TI 8OKTBR2013
               A.    Equation
cara menampilkan toolbar rumus matematika microsoft word 2007 - 2010


2.  Setelah tombol Equation diklik, nanti akan muncul tombo simbul-simbul atau fungsi-fungsi untuk menulis rumus matematika, seperti gambar di bawah ini.  Untuk menuliskan fungsi  Per, Pangkat, akar, zigma dan lain-lain gunakan tombol fungsi yang ada di samping kanan.
tampilan toolba rumus matematika microsoft word 2007 - 2010



            B. HEADER DAN FOOTER
1. Klik menu Insert lalu pilih Header (untuk membuat Header) dan Footer (untuk membuat footer) lalu pilih style Header atau Footer yang hendak digunakan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOKtFqfLZNze26_8_xhneIG3z83k7uVW5A405nwaTjfWY4B0WtFQ-SCMsO2slXlxTeZCnt5MHn1jruR3gw8sJcf-zH3pNyQnKIDNOMY1RxLUbTkZmdF4pmrLjkKiXtJW-IsPU12jngiumn/s400/pilih+header.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP0Nnu9np5pbpj610CaRkWukKfrnSI1A9OnjMQQSkT3iPEb5RhlcS4bxaOHkHMGB0XJMGAHoSM46ufDb_EHNgd_CZnSbShYa7rO0xtEWAbXkPYNYlKIySVMY6ZJROJCUEx7yz_cKTjAXdD/s400/pilih+footer.png

2. Ketikkan Teks Header  atau Footer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbc1EU9k9N2GAVsShH_Py3HnyvyPEK4DaKtyPGFAweR0NcGwB3WHTf2_YimxCEUtOedZpmKQQVq0lIlAapAYDMzwNnQGjDRLzozwL3SLZQvT0YBXqFaqNiDUdCdlcvULYhjCVBP2ehQ2zv/s400/ketik+header.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiS4fFEZxxIBoyVzgDqyyUyejeCzvwdcffW2DgYKDjrX3de5GI-ibPz2PPlR7nXnrhNyWi5wPp652Rz0NSI1-lnnYvzu4x-i2GPUlw3aOGbctSl5eOMRjXKoVvUMOdZakE2DeZzpGr7y3YE/s400/ketik+footer.png

3. Header atau Footer berhasil dibuat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3OWuTy-QxWm5t4UG1C_gLVRLtVCzbYY_0OWl2jzCfqBwscBs08YS44wloXqvIBhrIiiAVcHxvLQcNkFn3TejlnXx9PXX9AjlWIXL1jz9cMV5CIBYCNRmVEcZ6Fn_Q6mFlWRc0trwh-iCD/s400/header.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUwpS8dRnZJV1FTimO7md1JFo-14dfYkyFiJGa1oDl08j1XoVOZUddTRmsd_4rz60ZhjQY6dH_9N_kK0vO-XELn41F3FYpTyFLLIkjo-YTdJPCePcKhvrwLXfO2qO5GFyBiliKigp30TAO/s400/footer.png



C.     WATERMARK

1. Pilih Page Layout - Watermark

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitiV3JwpKQC0XzqpNqnguZTkHnCTvDn11zVDp7N4DCO8gF1dEyS21hXJQubtU4fhtoWyqILVoAQLL8txliCm5H9gGykUR_gdUkzsC2m_c8IWUtegLab61lOIBCRFO7mbje-VWXCQuhZZ0/s320/watermark1b.bmp


2.Selanjutnya pilih Custom Watermark
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9JYtROeyxU2reMhkBUZITF0M6g6Bb1ipEutxz6Tx_R-jGKUJwRMark1Le1V3YEx9AhDkp0C1DFg0nfYhGRGMmirs80E353SY52__y96U8YcRWezi-JmISb8LcRXhcmvQHXvDhaZrgkEc/s320/watermark2b.bmp

3. Di kotak dialog Printed Watermark
Pilih option Picture Watermark , klik tombol Select Picture
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ5euNBtVnnc_eE4YT3_B89afAoD0Q9cWHQT1xWFl-qb-hNw2n8aIptC5R5xzsQPx8RsiGt4ICWz8PfDOACE-60iwnNLfiqANU-JPgaaYcjZpLnvhBU6Wure0yQ7DQAXe5qKrsuqw6g8A/s400/watermark3b.bmp

4.Pilih salahsatu gambar di komputer yang akan dijadikan background halaman dokumen word
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhttzE-kzevv1s9tEpjWd2xhVUK_fPtyRykSSOs79P_RlxWsh22qVt0E72QyscK02PMhymV0WO6YaFamLzV__0_A1P9QCLpP4Ctejayee6vOf9kVZjPPpzNoAdmh38Y7b_lqajxjNVbcuo/s320/watermark4b.bmp

5.Di kotak dialog Printed Watermark, atur scale sesuai yang diiginkan, dalam contoh scale 200%
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKt3COnmmFaOGKMuslkzDRwrhG_li_5fsHWy3ivB2gnOOnfMrIxLbO17UpuOC7SollDcW_C2oK-1ciq3LU-mzgHKwUbcQ5pVFA56x4VrHAQuBDGENBM-LaP9VoT8EbK3Wp_vL6mDAn09Q/s320/watermark5b.bmp

6.Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOuKKlewVtKqhMzJlPN6DaqSylZ0zIgZiXxrJu8SqR9VjL63wAHpSFuExB4bB-Z5OdPSiyrrGU4k9ZeUtQZdLzOGPkbYVrP5f06dd5Zimp40EZRNQ6Jx1W5LJ-OTVytdPt54d2jWzZ9Vs/s400/watermark6b.bmp




D.     MEMBUAT DROP CAP DAN KOLOM KORAN

Drop Cap
Pernahkan Anda melihat ada suatu paragraf yang salah satu huruf depannya lebih besar 2 atau 3 baris dari ukuran tulisan normal dalam paragraf? Itu dalam Mikrosoft Word dinamakan Drop Cap (suatu huruf besar yang dimulai pada permulaan suatu paragraf dan mengisi beberapa baris dari halaman). Drop Caps bisa ditambahkan ke dalam dokumen sebagai pemanis paragraf, sehingga dokumen Anda terlihat lebih profesional. Berikut ini langkah-langkah membuatnya :
Blok teks - Klik menu Format - Drop cap
Pilih tampilan Drop Cap pada Posision
Atur Ukuran Drop Cap pada kotak Line to Drop
Atur jarak Drop Cap dengan teks berikutnya pada kotak Distance from text
Klik Ok
Kolom Koran, Untuk membuat dokumen menjadi kolom-kolom seperti pada koran atau tabloid bisa menggunakan menu format - Columns. ada dua cara yang bisa kita pilih. yang pertama kita bisa menngetik paragraf baru memformatnya menjadi kolom koran, atau kita memformat terlebih dahulu baru mengetik paragraf yang akan dijadikan kolom koran. Berikut ini akan kita bahas ke dua langkah tersebut :

1. Mengetik Paragraf terlebih dahulu
Ketik naskah, kemudian paragraf yang akan dibuat kolom koran
Klik menu Format - Columns
Pilih tampilan kolom koran pada options presets (jika menginginkan jumlah kolom tertentu, isikan jumlah kolom pada kotak number of columns)
Beri tanda Centang pada line between jika ingin menampilkan garis pembatas diantara kolom.
Klik Ok.
Catatan :
Untuk paragraf terakhir blog paragrafnya harus pas, jika dengan cara blok tidak dapat dilakukan, kita dapat menggunakan cara penguncian, caranya :
Letakan kursor pada baris pertama paragraf yang akan dibuat kolom koran
Klik menu Insert - Break - Continuous
Letakan kursor pada paris terakhir
Klik menu Insert - Break - Continous
Letakan kursor di tengah paragraf
Klik menu format - Columns
lakuakn seting kolom koran yang anda inginkan.


2. Memformat terlebih dahulu
Letakan kursor pada area yang akan kita ketik
klik menu format – Columns
Atur format kolom seperti langkah 1.
pada kotak Apply to, pilih this point forwar - Ok
Catatan
Untuk dapat berpidah ke kolom berikutnya : klik menu insert - Column Break - Ok.
Untukmembuat type kolom yang berbedaklik kembali menu format - Columns dan lakukan lagi penyetingan seperti langkah 2.

Selain mengunakan format - Columns, Teks bergaya kolom koran juga bisa dibuat melalui icon Columns pada toolbar dengan cara :
Blog paragraf yang akan dibuat kolom koran
Klik icon Columns pada toolbar formating
Drag mouse kearah kanan untuk menentukan jumlah kolom yang diinginkan.


E.       TABEL

Langkah pertama kalian harus membuka Software Ms. Word 2007
Dengan cara : Klik Start – All Program – Microsoft Office 2007
Setelah terbuka jika kalian ingin langsung membuat tabelnya ikuti langkah selanjutnya :
Caranya : Klik Menu Insert – Table → Setelah itu kalian akan melihat gambar seperti ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTZCqgLlnWCrT5QCts01yoN9OKjdOFocu_C-4uOeAeb9Vt9P59jQjDuvYNikP4oTEOh_7RXCfVhtdEq2BjhKqhMKwoCGi3AfD3Dk_hsDm_oKVvAxs-L1YXZv02i96riMNQ714qK1v3T00/s1600/gambar+1.jpg
Pada gambar diatas terlihat gambar kotak-kotak,, silahkan kalian tentukan sendiri berapa banyak Tabel yang kalian butuhkan, jika kurang banyak kalian Pilih sub menu “Insert Table”, maka akan muncul jendela baru,, kemudian tentukan Banyak Kolom dan Barisnya,, lebih jelasnya lihat gambar ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfRCck6dypqx7ouUYBqmxsUepTDfSu1wQ60ZQSCMGcUfN0K3-gLDe0kOpH4eOpW_hxTkBUtLLSd47YUxEVmQScSz9kC3Jr5xVhGKJdeFawFSrWlQ1C9WNVy7eRaDDNz35buklgZISc4-4/s1600/gambar+2.jpg

·         Keterangan gambar :
Number Of Collumns : Berfungsi Untuk Mengatur Jumlah Kolom yang dibutukan.
Number Of Rows : Berfungsi Untuk Mengatur Jumlah Baris yang dibutuhkan.

F.     FOOTNOTE
Contoh Footnote dan Endnote
Footnote (catatan kaki) dan Endnote (catatan akhir) digunakan untuk memberi penjelasan, komentar tambahan yang lebih mendetil atau referensi untuk informasi tertentu yang ada dalam dokumen.
Berikut tutorial cara membuat footnote dan endnote.
Catatan: cara membuat kutipan dan daftar pustaka (bibliografi) dapat dilihat pada artikel ini: Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka (Bibliografi) Otomatis di Word 2007-2010.

Footnote atau endnote terdiri dari:
Tanda (dalam bentuk superscript) yang terletak dalam dokumen. Tanda bisa berupa angka, simbol, atau huruf.
Isi untuk keterangan footnote/endnote yang terletak di akhir halaman atau dokumen/section.
Tanda dan Isi Footnote/Endnote

Cara Menyisipkan Footnote dan Endnote
Klik pada bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote.
Pada References tab, Footnotes group, klik Insert Footnote (untuk membuat catatan kaki) atau Insert Endnote (untuk membuat catatan akhir).
Footnotes Group
Sekarang kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik isi footnote/endnote.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
Untuk merubah format footnote/endnote, klik tanda Dialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) pada Footnotes.
Footnote and Endnote Dialog Box
Pada kotak dialog Footnote and Endnote, bagian Format, pilih format angka yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
Klik Apply untuk mengganti format.
Selanjutnya di samping angka atau simbol, ketik isi footnote/endnote.
Untuk menambah footnote/endnote lain dengan nomor berurutan, klik pada bagian dokumen yang akan diberi tanda footnote/endnote dan tekan:
CTRL+ALT+F untuk footnote.
CTRL+ALT+D untuk endnote.

Cara Menghapus Footnote dan Endnote
Pilih tanda footnote/endnote dalam dokumen yang akan dihapus.
Tekan tombol DELETE.

Cara Mengatur Format Angka Footnote dan Endnote
Kadang-kadang setelah membuat footnote/endnote, kita mungkin ingin mengubah format angkanya. Gunakan cara berikut ini untuk mengubah format footnote/endnote secara sekaligus dalam dokumen atau section.
Klik pada section yang akan diubah format footnote/endnote. Bila dokumen tidak memiliki section, insertion point bisa ditempatkan di mana saja dalam dokumen.
Pada References tab, klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) untuk membuka kotak dialog.
Klik Footnotes atau Endnotes.
Pada kotak Number format, pilih format yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
Klik Apply.
G.    BULLET DAN NUMBERING
Membuat Numbering
1. Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Numbering di toolbar (panah merah atas)

                                    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghMK4Rqqb4pvjBnpTANmyvLXXmeVI4DqA53FEbViW6AkG_g3Y_4-G-DhLsyXcwqrJ4ysBLKmSE3yNnwhOtn07Vc6O0iQ0PfgywUtfIu7zIpflxZXoLQgi0aRHIitoD-XIY6sJzyu4y6CA/s320/numbering+001.jpg





2. Ketik kata: edit Profile kita
Tekan enter

                                 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbO7GcTH4oFc-i8vK3Nk_EV2cLwitW_-P7KiOAdfKdEBNW4CGXX4BNv-ZTmYWZSEVCbM3mkjtA1AVg9zMd9qjqSVh5BBipBajermwEF388F1yDqxVo4M2XPB_eaCHPCTSEfMPM7XgmMts/s320/numbering+002.jpg
3. Hal ini anda lakukan sebanyak yang anda butuhkan.
Contoh bisa di lihat di bawah ini

                                     https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtS8H_zy50vKcGMAQ9AXtEq1iY1cvHNfWdcupQ034ePcuvpyRiFzakTldSqephAGKwou_AVmQzxgGc1c417Dlo54HXanB7mwzft-YDhZPK7hrJaBf5LaccJ3dbMC8f72KV-I9e79k8nnE/s320/numbering+003.jpg
B. Membuat Bullet
4. uat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Bullet di toolbar (panah merah atas)

                                 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs8yALhzPt2_tooQzmKRQ8Nu3HrJLTg4UwLdQI4kekx7ltgW-HQZmRFuDVLbKsjFV4Lac49EPKPw8uoqTpDVmoLQfBtto9khkGZHUukn5aGUKC3FSeFuc7VNIgMJZ8rzzDQjuquwwpqHs/s320/bullet+001.jpg
5. Ketik kata: edit Profile kita
Tekan enter

                                  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1Xf1rXVIB_CvKBeo6-TTw9H-aDW5inYTO3T77xjjzscHy4fv68jYYKDzrrDcsXyheehy_kqXTa34BRTnzIDpk_PufQLGoA19hvf6o1w-cwvX6IEPY1WxMh4Mg2ZjSGgu2C4vLvcEhS8E/s320/bullet+002.jpg
6. Lakukan enter, kemudian lakukan pengetikan, tekan enter untuk pindah ke bullet berikutnya. Hasilnya tampak seperti di bawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGUWUpfbHMlGEa-OAPJw56xShwLlRArvNLiFQUYamAKy-SaCog6Ht2R_50zKyHbVCROJ7mypKMGwQucST0eFmT4-vzRwj3ctCa4GGfABhqzGwMGSf0tcelWvL3LdIp72WaC8HohTY9wwg/s320/bullet+003.jpg
C. Untuk mengubah format atau bentuk Bullet dan Numbering, lakukan langkah berikut:
7. Pada menubar pilih Format => Bullets and Numbering

                        https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKXn89D45mA7aQWjn5CqWQliv-Ac4uipwVzUxCJ38uDvTqM1UXdVYJh8uoPSwSOt7nLIYul6uzCKg1CAvRjCLMde0XZOTWhKH8QqZguwuB56TM35WuXxFFeqQYgLmbphjLlFx7g1xo1B0/s320/ubah+bullet+001.jpg
8. Pada kotak dialog yang muncul
pilih tab numbered, pilih bentuk yang anda inginkan, klik OK

                https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_ruh92fbm-9oHnlb7RUlzbvHyzLEhVo2JmQzKRHGF7urRAytuYv7TLQYK6AnSnwF6_mWXC92AFRBK8b9AEDJRFYn4gnI2LruasVrHqdFPQ-9d87mR35K10q8nrKWeKZM_2bhnJ_zCfHU/s320/bullet+004.jpg


8. Pada kotak dialog yang muncul
pilih tab bullet, pilih bentuk yang anda inginkan, klik OK

                     https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYXDhR1P2oT-PJruyzYTl-1ozolDrLU5TazS_z-rqTvvtjFYAZPsYy0sRbQDgjK2HoTrgyAWcEql2Dnvu3a1jpA29_zqxPuhQr3mV3me_m7RTvJB7pkrWjI-3avYUDfUdRMZy4yKlTpYY/s320/ubah+bullet+002.jpg
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FUNGSI-FUNGSI

membuat halaman makalah Ms.Word