cara buat buku
TUGAS PRAKTEK TI 8OKTBR2013
A.
Equation
2. Setelah tombol Equation diklik, nanti akan muncul tombo simbul-simbul atau fungsi-fungsi untuk menulis rumus matematika, seperti gambar di bawah ini. Untuk menuliskan fungsi Per, Pangkat, akar, zigma dan lain-lain gunakan tombol fungsi yang ada di samping kanan.
B.
HEADER DAN FOOTER
1. Klik menu Insert lalu
pilih Header (untuk membuat Header) dan Footer (untuk membuat footer) lalu
pilih style Header atau Footer yang hendak digunakan.
2. Ketikkan Teks Header atau Footer
3. Header atau Footer berhasil dibuat
2.Selanjutnya pilih Custom Watermark
3. Di kotak dialog Printed Watermark
Pilih option Picture Watermark , klik tombol Select Picture
4.Pilih salahsatu gambar di komputer yang akan dijadikan background halaman dokumen word
5.Di kotak dialog Printed Watermark, atur scale sesuai yang diiginkan, dalam contoh scale 200%
6.Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini
D. MEMBUAT DROP CAP DAN KOLOM KORAN
Drop
Cap
Pernahkan Anda melihat ada suatu paragraf yang salah satu huruf depannya lebih besar 2 atau 3 baris dari ukuran tulisan normal dalam paragraf? Itu dalam Mikrosoft Word dinamakan Drop Cap (suatu huruf besar yang dimulai pada permulaan suatu paragraf dan mengisi beberapa baris dari halaman). Drop Caps bisa ditambahkan ke dalam dokumen sebagai pemanis paragraf, sehingga dokumen Anda terlihat lebih profesional. Berikut ini langkah-langkah membuatnya :
Pernahkan Anda melihat ada suatu paragraf yang salah satu huruf depannya lebih besar 2 atau 3 baris dari ukuran tulisan normal dalam paragraf? Itu dalam Mikrosoft Word dinamakan Drop Cap (suatu huruf besar yang dimulai pada permulaan suatu paragraf dan mengisi beberapa baris dari halaman). Drop Caps bisa ditambahkan ke dalam dokumen sebagai pemanis paragraf, sehingga dokumen Anda terlihat lebih profesional. Berikut ini langkah-langkah membuatnya :
Blok teks
- Klik menu Format - Drop cap
Pilih
tampilan Drop Cap pada Posision
Atur
Ukuran Drop Cap pada kotak Line to Drop
Atur jarak
Drop Cap dengan teks berikutnya pada kotak Distance from text
Klik Ok
Kolom
Koran, Untuk membuat
dokumen menjadi kolom-kolom seperti pada koran atau tabloid bisa menggunakan
menu format - Columns. ada dua cara yang bisa kita pilih. yang pertama kita
bisa menngetik paragraf baru memformatnya menjadi kolom koran, atau kita
memformat terlebih dahulu baru mengetik paragraf yang akan dijadikan kolom
koran. Berikut ini akan kita bahas ke dua langkah tersebut :
1. Mengetik Paragraf terlebih dahulu
1. Mengetik Paragraf terlebih dahulu
Ketik
naskah, kemudian paragraf yang akan dibuat kolom koran
Klik menu
Format - Columns
Pilih
tampilan kolom koran pada options presets (jika menginginkan jumlah kolom
tertentu, isikan jumlah kolom pada kotak number of columns)
Beri tanda
Centang pada line between jika ingin menampilkan garis pembatas diantara kolom.
Klik Ok.
Catatan :
Untuk paragraf terakhir blog paragrafnya harus pas, jika dengan cara blok tidak dapat dilakukan, kita dapat menggunakan cara penguncian, caranya :
Untuk paragraf terakhir blog paragrafnya harus pas, jika dengan cara blok tidak dapat dilakukan, kita dapat menggunakan cara penguncian, caranya :
Letakan
kursor pada baris pertama paragraf yang akan dibuat kolom koran
Klik menu
Insert - Break - Continuous
Letakan
kursor pada paris terakhir
Klik menu
Insert - Break - Continous
Letakan
kursor di tengah paragraf
Klik menu
format - Columns
lakuakn
seting kolom koran yang anda inginkan.
2.
Memformat terlebih dahulu
Letakan
kursor pada area yang akan kita ketik
klik menu
format – Columns
Atur
format kolom seperti langkah 1.
pada kotak
Apply to, pilih this point forwar - Ok
Catatan
Untuk
dapat berpidah ke kolom berikutnya : klik menu insert - Column Break - Ok.
Untukmembuat type kolom yang berbedaklik kembali menu format - Columns dan lakukan lagi penyetingan seperti langkah 2.
Selain mengunakan format - Columns, Teks bergaya kolom koran juga bisa dibuat melalui icon Columns pada toolbar dengan cara :
Untukmembuat type kolom yang berbedaklik kembali menu format - Columns dan lakukan lagi penyetingan seperti langkah 2.
Selain mengunakan format - Columns, Teks bergaya kolom koran juga bisa dibuat melalui icon Columns pada toolbar dengan cara :
Blog
paragraf yang akan dibuat kolom koran
Klik icon
Columns pada toolbar formating
Drag mouse
kearah kanan untuk menentukan jumlah kolom yang diinginkan.
E.
TABEL
① Langkah pertama kalian harus membuka
Software Ms. Word 2007
② Dengan cara : Klik Start – All Program – Microsoft Office 2007
③ Setelah terbuka jika kalian ingin langsung membuat tabelnya ikuti langkah selanjutnya :
④ Caranya : Klik Menu Insert – Table → Setelah itu kalian akan melihat gambar seperti ini :
② Dengan cara : Klik Start – All Program – Microsoft Office 2007
③ Setelah terbuka jika kalian ingin langsung membuat tabelnya ikuti langkah selanjutnya :
④ Caranya : Klik Menu Insert – Table → Setelah itu kalian akan melihat gambar seperti ini :
⑤ Pada gambar diatas terlihat gambar
kotak-kotak,, silahkan kalian tentukan sendiri berapa banyak Tabel yang kalian
butuhkan, jika kurang banyak kalian Pilih sub menu “Insert Table”, maka akan
muncul jendela baru,, kemudian tentukan Banyak Kolom dan Barisnya,, lebih
jelasnya lihat gambar ini :
·
Keterangan
gambar :
Number Of Collumns : Berfungsi Untuk Mengatur Jumlah Kolom yang dibutukan.
Number Of Rows : Berfungsi Untuk Mengatur Jumlah Baris yang dibutuhkan.
Number Of Collumns : Berfungsi Untuk Mengatur Jumlah Kolom yang dibutukan.
Number Of Rows : Berfungsi Untuk Mengatur Jumlah Baris yang dibutuhkan.
F.
FOOTNOTE
Footnote (catatan kaki) dan Endnote (catatan akhir)
digunakan untuk memberi penjelasan, komentar tambahan yang lebih mendetil atau
referensi untuk informasi tertentu yang ada dalam dokumen.
Berikut
tutorial cara membuat footnote dan endnote.
Catatan:
cara membuat kutipan dan daftar pustaka (bibliografi) dapat dilihat pada
artikel ini: Cara Membuat Kutipan dan Daftar
Pustaka (Bibliografi) Otomatis di Word 2007-2010.
Footnote atau endnote terdiri dari:
Tanda
(dalam bentuk superscript) yang terletak dalam dokumen. Tanda bisa berupa
angka, simbol, atau huruf.
Isi untuk
keterangan footnote/endnote yang terletak di akhir halaman atau
dokumen/section.
Cara
Menyisipkan Footnote dan Endnote
Klik pada
bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote.
Pada References
tab, Footnotes group, klik Insert Footnote (untuk membuat
catatan kaki) atau Insert Endnote
(untuk membuat catatan akhir).
Sekarang
kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik isi footnote/endnote.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
Untuk merubah format footnote/endnote,
klik tanda Dialog Box Launcher () pada Footnotes.
Pada kotak
dialog Footnote and Endnote, bagian Format, pilih format angka yang
diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
Klik Apply untuk mengganti format.
Selanjutnya
di samping angka atau simbol, ketik isi footnote/endnote.
Untuk
menambah footnote/endnote lain dengan nomor berurutan, klik pada bagian dokumen
yang akan diberi tanda footnote/endnote dan tekan:
CTRL+ALT+F
untuk footnote.
CTRL+ALT+D
untuk endnote.
Cara
Menghapus Footnote dan Endnote
Pilih
tanda footnote/endnote dalam dokumen yang akan dihapus.
Tekan
tombol DELETE.
Cara
Mengatur Format Angka Footnote dan Endnote
Kadang-kadang
setelah membuat footnote/endnote, kita mungkin ingin mengubah format angkanya.
Gunakan cara berikut ini untuk mengubah format footnote/endnote secara
sekaligus dalam dokumen atau section.
Klik pada
section yang akan diubah format footnote/endnote. Bila dokumen tidak memiliki
section, insertion point bisa ditempatkan di mana saja dalam dokumen.
Pada References tab, klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher
() untuk
membuka kotak dialog.
Klik Footnotes atau Endnotes.
Pada kotak
Number format, pilih format
yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
Klik Apply.
G. BULLET DAN NUMBERING
Membuat Numbering
1. Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Numbering di toolbar (panah merah atas)
1. Buat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Numbering di toolbar (panah merah atas)
3. Hal ini anda lakukan sebanyak yang anda butuhkan.
Contoh bisa di lihat di bawah ini
B. Membuat Bullet
4. uat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Bullet di toolbar (panah merah atas)
Contoh bisa di lihat di bawah ini
B. Membuat Bullet
4. uat sebuah kalimat seperti di bawah ini, kemudian tekan enter
Lihat kursor pada posisi di bawah kalimat (lihat panah merah bawah)
Klik tombol Bullet di toolbar (panah merah atas)
5. Ketik kata: edit Profile kita
Tekan enter
6. Lakukan enter, kemudian lakukan pengetikan, tekan enter untuk pindah ke bullet berikutnya. Hasilnya tampak seperti di bawah ini
C. Untuk mengubah format atau bentuk Bullet dan Numbering, lakukan langkah berikut:
7. Pada menubar pilih Format => Bullets and Numbering
Tekan enter
6. Lakukan enter, kemudian lakukan pengetikan, tekan enter untuk pindah ke bullet berikutnya. Hasilnya tampak seperti di bawah ini
C. Untuk mengubah format atau bentuk Bullet dan Numbering, lakukan langkah berikut:
7. Pada menubar pilih Format => Bullets and Numbering
Komentar
Posting Komentar